Bicara

"Demi Allah, tidak ada ganti yang lebih baik dari dia, yang beriman kepadaku saat semua orang ingkar, yang percaya kepadaku ketika semua mendustakan, yang mengorbankan semua hartanya saat semua berusaha mempertahankannya dan darinyalah aku mendapatkan keturunan." Begitulah Rasulullah SAW menggambarkan kepribadian Siti Khadijjah r.a.,istri pertamanya. Seorang isteri sejati, muslimah yang dengan segenap kemampuan diri berkorban demi kejayaan Islam.

9/03/2006

Mengkomunikasikan Bisnis Dalam 60 Detik

Dari materi oleh:
Kirstin Carey

Berapa lama Anda bisa memperoleh sebuah lead (peluang klien baru)
setelah memulai networking Anda? Apakah setiap pertemuan bisnis Anda
selalu menghasilkan closing dan deal baru?

Kuncinya, Anda harus bisa menyampaikan apa yang sesungguhnya Anda
kerjakan, dan bukan hanya menyampaikan bidang usaha atau pekerjaan
Anda. Jika Anda tidak bisa menyampaikan informasi yang akurat dan
detil, tak seorangpun akan memberi Anda bisnis. Untuk melakukannya,
Anda memang harus menggunakan mulut Anda sendiri alias berbicara.

Berikut ini adalah tips untuk menyampaikan bisnis Anda dalam 60
detik. 60 detik ini, adalah iklan terbaik Anda.

APA YANG HARUS ANDA KATAKAN

Apa yang harus Anda katakan dalam 60 detik? Ada lima potong informasi
penting yang membuat networking Anda lebih efektif. Yang harus Anda
katakan adalah "iklan" Anda. Yakinkan bahwa "iklan" Anda memang
mencakup semua informasi ini.

1. PENARIK PERHATIAN

Ini diperlukan agar orang mau mendengarkan apa yang ingin Anda
katakan. Ini bisa berupa:

- Pertanyaan;
- Kutipan;
- Statistik.

Contoh:

"Anda ingin lebih banyak uang? Saya bisa membantu Anda!"

"Siapa di antara Anda yang tidak memiliki masalah cash flow? Ya, Kami
bisa membantu Anda mengalirkan cash flow untuk Anda seperti
mengalirnya sungai, dengan program yang kami tawarkan."

"Siapa yang tidak gugup saat harus berbicara di depan orang banyak?
Siapa manusia di atas muka bumi yang tidak memiliki rasa takut sama
sekali. Maukah Anda memiliki keahlian untuk menghadapinya? Menjadi
penunggang dan bukan tunggangan rasa gugup dan takut? Kami bisa
membantu Anda menjadi penunggang rasa gugup dan takut Anda!"

2. SIAPA ANDA

Nama Anda, nama perusahaan Anda.

3. APA YANG ANDA LAKUKAN DAN KATAKAN

Buatlah pernyataan untuk ini seringkas mungkin.

"Kami adalah headhunter untuk orang-orang IT."

"Perusahaan Kami berspesialisasi dalam disain grafis dan komunikasi
visual, seperti logo, flyer, kartu pos, dan marketing tools lainnya
dalam bentuk setting gambar."

"Kami adalah konsultan pemasaran yang membuat bisnis Anda bisa tumbuh
dengan ajaib."

"Kamilah yang membuat Anda percaya diri hingga berhasil dalam menjual
apapun dengan berbicara."

Jangan pernah berasumsi bahwa orang lain telah memahami apa yang Anda
lakukan, hanya karena Anda telah bertemu dengan mereka sebelumnya.
Konsistenlah dengan apa yang Anda lakukan. Hindari kalimat-kalimat
ini:

"Kami menggunakan beberapa pendekatan."

"Perusahaan Kami melakukan banyak hal."

"Cukup sulit untuk menjelaskan apa yang Kami lakukan."

Jelaskan dengan sederhana siapa klien Anda. Identifikasikan klien
sempurna Anda. Ini akan memperjelas positioning Anda.

Siapakah audience Anda?

Siapakah yang menggunakan barang atau jasa Anda?

"Kami berspesialiasi dalam pengembangan website untuk perusahaan
dengan pegawai di bawah 100 orang."

"Kami menggunakan metode meditasi untuk membantu para pegolf agar
tetap fokus dalam bermain."

"Metode kami adalah EDAN, metode yang powerful untuk setiap makhluk
yang berbicara."

Apakah audience Anda adalah target langsung atau orang yang mengenal
mereka? Jika Anda berbicara kepada para dokter THT dan Anda mewakili
perusahaan obat, Anda bisa mengatakan ini:

"Produk kami 'Ngorok No more' akan dapat membantu jutaan orang, yaitu
para pasien Anda."

Beri mereka call-to-action, yaitu sebuah alasan sederhana yang
mendorong mereka ingin bicara lebih lanjut dengan Anda.

"Silahkan masukkan kartu nama Anda ke kotak ini, untuk mendapatkan
informasi terbaru tentang dunia pemasaran internet."

"Untuk Anda yang berada di luar Jabodetabek, Anda bisa mengikuti ini
dengan diskon khusus dalam hal Anda membawa serta empat orang teman
Anda."

4. GAYA BICARA DAN BAHASA TUBUH

Berdirilah dalam menyampaikan semua itu.

Berdirilah di tempat di mana setiap orang dapat melihat Anda dari
depan.

Gunakan posisi tubuh terbuka.

Tersenyumlah.

Buat kontak mata.

Bicaralah dengan cukup keras sehingga semua orang dapat mendengarkan
Anda.

Bicaralah dengan lambat saat Anda menyampaikan informasi tentang
'siapa Anda' dan 'call-to-action'.

Bicaralah dengan bersemangat.

5. AGAR DIINGAT

Gunakan trik memori agar orang tetap ingat nama Anda. Anda bisa
menggunakan pendekatan ini:

- Kemiripan:
"Nama Saya Ikhwan Sopa - Beberapa dari Anda mungkin menganggap Saya
lahir di atas sofa."

- Singkatan:
"QA Communication, QA adalah fenomena paling khas dalam berbicara
yaitu 'questions' dan 'answers'. Motto kami sederhana; Anda punya
pertanyaan, kami punya jawaban."

- Monikers:
"Metode kami adalah EDAN, maka Saya sering disebut Mr. Edan."

Cobalah Anda sampaikan informasi lengkap tentang bisnis Anda, dalam
60 detik.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home